Pembelajaran Bahasa Jepang melalui Game

Pada dasarnya, tujuan pengajaran bahasa asing adalah agar siswa terampil dalam empat kemampuan berbahasa, yaitu menyimak, berbicara, membaca, dan menulis. Akan tetapi, di dalam proses pembelajaran tersebut sering dijumpai hambatan yang bersifat intern maupun ekstern. Faktor ekstern dapat berupa kurangnya media pengajaran yang digunakan oleh guru.

Perkembangan teknologi yang sangat pesat sekarang ini, memberi sebuah jalan alternatif baru bagi dunia pendidikan untuk memecahkan permasalahan kurangnya media pembelajaran tepat guna yang dapat dimanfaatkan dalam pembelajaran bahasa Jepang.

Penggunaan multimedia sebagai salah satu media pembelajaran diharapkan pula dapat lebih menarik minat belajar para pembelajar bahasa asing, khususnya bahasa Jepang, untuk dapat lebih mudah mempelajari dan menguasai struktur-struktur bahasa asing yang dipelajari, seperti struktur kalimat, kanji, kosakata, dll. Termasuk di dalamnya struktur kalimat percakapan yang dapat dipelajari melalui multimedia dengan penyajian yang lebih menarik dan menyenangkan. salah satunya adalah dengan teknologi multimedia game.

Semua orang suka game, saya suka game dan senang belajar bahasa Jepang, jadi mengapa tidak kita lakukan bermain sambil belajar bahasa jepang. Maka saya ingin menampilkan beberapa ulasan game menarik yang dapat menjadi pembelajaran bahasa Jepang untuk tingkat dasar.

1 komentar:

rune mengatakan...

ulasan diatas saya buat sambil mengerjakan proposal skripsi untuk tugas akhir saya. judulnya:`analisis materi percakapan pembelajaran bahasa jepang tingkat dasar (dari buku teks minna no nihon go 1 & 2) melalui multimedia game`. karena itu jika ada yang memiliki komentar/ ulasan menarik tgg multimedia game sbg pembelajaran bahasa Jepang, silahkan komentar di blog ini, sebagai bahan referensi..thx

Posting Komentar